Kamis, 12 Maret 2009

SEO , Penting banget di Bisnis On Line

Bisnis online! Entah itu jualan software, ebooks, jual jasa VVC, jual film, dan lain-lain yang semuanya profit oriented. Semua toko baik toko online maupun offline, pasti berharap tokonya ramai pengunjung, lebih-lebih pengunjungnya kemudian membeli produknya karena itulah yang diharapkan sebenarnya.

Untuk bisnis online agar website-nya ramai dikunjungi tentu harus ditempuh banyak cara, seperti pasang iklan di PPC (sebagai advertiser), pasang iklan di situs/ blog bertrafik tinggi, sampai optimasi SEO.

Dari cara-cara yang ditempuh diatas optimasi SEO adalah cara yang paling penting. Selain dapat menghemat biaya untuk iklan, 90 persen pengguna internet selalu menggunakan mesin pencari jika membutuhkan sesuatu. Selalu tampil dihalaman muka di search engine untuk keyword bisnis online anda adalah sarana promosi gratis. Hanya saja untuk mencapai ini sulitnya minta ampun. Ilmu SEO bak ilmu ghaib, sangat samar untuk dipahami, tidak jauh beda dengan main tebak-tebakan. Meski algoritma SERP konon dihitung secara matematis, tapi semua rumus merupakan rahasia dapur masing-masing search engine. dan jika pengaplikasiannya salah, justru menghancurkan.

Oleh karena itu saran saya, jika anda akan melakukan bisnis online sebaiknya pelajari dan kuasai ilmu SEO. Jika tidak maka biaya operasional anda untuk memasang iklan menjadi besar. Dan ini artinya keuntungan anda dari bisnis online akan berkurang, Iya kalau tidak malah rugi.

Para newbie seperti saya perlu latihan SEO, agar saat ingin memulai bisnis online sudah memiliki bekal ilmu pemasaran gratis yang lumayan. Sudahkah anda mempelajari dan berlatih?

Untuk menjadi dasar belajar SEO, ada baiknya anda membaca sejarah SEO, agar pemahaman anda memiliki dasar lebih kuat.